December 13, 2011

Obrolan dgn teman dan lebaynya bule :))

Obrolan ringan bareng teman-teman selama di Hobart kemarin, mulai dari yang super gak penting, seputar bulu mata dan jambul nya Syahrini :

Saya : katanya Syahrini dandannya tuh 4 jam loh
Teman : ngapain aja ya 4 jam
Saya : kalo gw mah udah bisa masak, nyapu, nyetrika, motong rumput, nimba, les balet, les biola wkwkwkwk *ditimpuk Tasmanian Devil*
Teman : gw mah yg pasti udah bisa bolak balik Jakarta Bandung beli cimol (dia org Bandung)
Saya dan teman : ngikik barengan xixixixi....

Sampai ke obrolan yang agak berbobot sedikit. Yaaah apalagi kalo bukan seputar perbandingan Oz dan Indo. Waktu naik kapal layar :

Teman : sebenernya kita punya loh kapal macam ini sama laut yg lbh bagus
Saya : banyak kali kan nenek moyang ku seorang pelaut gemar mengarung luas samudra hi..hi..
Teman : (tetap serius) tapi sayang aja gak diolah jadi objek wisata. Coba kalo dikemas dgn baik pasti bisa menghasilkan banyak tuh.
Saya : (mencoba ikut serius) iya betul. Kadang tempat wisata yang sebenernya bagus jd gak terekspose atau mahal banget karena gak ada sarana ke sananya. Coba aja ke pulau-pulau di Belitung, kebanyakan cuma kapal-kapal nelayan seadanya. Malah di Bunaken yang udah ngetop aja fasilitasnya minim banget, waktu gw kesana gak ada air di toiletnya plus kotor di sekitar pantainya. 
Teman yg lain : (ikut nimbrung) iya, dah gitu biasanya di tempat wisata harga makanan or minumannya dimahalin lg wkwkwkwk
Teman : sayang yah....
Saya : iya... mudah-mudahan ke depan bisa lbh bagus lg pengelolaannya biar jd sumber penghasilan *sambil menatap ke laut lepas* lebay


Jadi ingat waktu di China betapa guru saya begitu antusias bercerita tentang air terjun yang mau kita lihat di salah satu provinsi di sana yang ternyata cuma setinggi mungkin beberapa meter aja. Gimana kalau dia liat Tawang Mangu ya bisa ngeces gak tamat-tamat kali hi..hi... Tapi gak bisa disalahkan juga sih karena mungkin dia ditanamkan untuk bangga sama tanah air nya. Tujuannya apalagi kalo bukan untuk menarik turis-turis.

Gak cuma di China sih, orang-orang Aussie pun sebenernya agak-agak lebay menurut saya kalau berekspresi, sampai-sampai seorang teman selalu bilang kalau ada teman lain yang lebay "kaya org bule aja deh lo, lebay" . Iya bener...mereka bisa mengobral kata "bloody delicious, extremely beautiful, bloody cold, fantastic". Kalo di Indo mungkin bakalan dijawab "biasa aja kaleee" :)). Jadi saya pun mulai membiasakan kalau dosen bilang "terrific" di akhir presentasi saya, karena terrific itu gak selalu berbanding lurus sama nilai ha...ha... I tell you, itu cuma salah satu cara mereka menghargai kerja orang lain, karena gak jarang para dosen itu menulis "your paper is interesting but bla..bla..bla.. Istilahnya mereka angkat dulu baru dijatuhkan *evilgrin*

Anyway... balik-balik it's all about culture, makanya gak salah kalo orang-orang bijak bilang lain lubuk lain belalang. Jadi biarpun kadang menggelikan, aneh, dsb yaa tetap harus dihargai adat orang lain "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung" *tsaaah sokbijak* 


Gambar dari sini 

2 comments:

  1. Sy belum pernah ke air terjun mba :d

    ReplyDelete
  2. gpp tenang aja...di Indonesia banyak qo gak perlu jauh-jauh, bersedia qo kalo butuh-butuh temen *halah* met kenal ya

    ReplyDelete